Tren Identitas Mobile

Belakangan ini kita sudah mulai sering mendengar tentang mobile access control di mana identitas kita yang sebelumnya berada di dalam kartu akses fisik sekarang sudah mulai berpindah ke dalam bentuk data identitas di dalam perangkat mobile. Untuk interaksinya terhadap reader akses kontrol, akses kontrol mobile dapat menggunakan beberapa cara seperti NFC, Bluetooth, dan lain-lain.

Pemindahan identitas dari kartu akses ke perangkat mobile yang disertai dengan peningkatan pengamanan terhadap identitas membuka peluang hal ini digunakan untuk fungsi-fungsi lainnya. Ponsel yang nyaris tidak pernah lepas dari genggaman kita, serta identitas yang dapat dipindahkan dari suatu perangkat ke perangkat lain membuat identitas mobile menjadi solusi terbaik sebagai pengganti kartu secara fisik. Keuntungan lainnya, kita jadi tidak perlu lagi membawa banyak kartu dengan masing-masing kegunaannya yang membuat dompet penuh.

Adopsi teknologi Cloud dan IoT yang berkembang begitu pesatnya semakin mempercepat tren identitas mobile. Penggunaan perangkat mobile tidak hanya sebatas ponsel pintar saja tapi dapat berupa jam tangan pintar dan perangkat IoT lainnya. Penggunaan Cloud juga membuat fungsi manajemen serta administrasi identitas mobile menjadi semakin mudah dan transparan. Dengan hilangnya keterbatasan kartu secara fisik, hal ini memungkinkan pemberian hak akses di mana pun seseorang berada. Bukan itu saja, durasi pemberian hak aksesnya juga dapat diatur. Pengenaan biayanya pun dapat dilakukan dengan beberapa cara; unlimited, untuk periode waktu tertentu, atau sesuai penggunaan.

Tren IoT yang menghubungkan berbagai ‘benda’ dalam suatu jaringan semakin memperjelas perlunya kepastian bahwa ‘benda’ yang akan terhubung adalah sesuatu yang tepercaya (trusted). Apabila suatu ‘benda’ terhubung dengan ‘benda’ lainnya tanpa adanya kejelasan dengan siapa mereka saling terhubung, hal ini akan meningkatkan risiko keamanan dari keseluruhan jaringan. Hal inilah yang dalam praktiknya membuat Internet of Things berubah menjadi Internet of Trusted Things, yang berarti hanya ‘benda’ yang tepercaya saja yang dapat masuk ke dalam jaringan. Keamanan identitas menjadi hal yang penting dalam IoT karena identitas ‘benda’ menjadi rentan apabila fungsi keamanan dari identitas tersebut tidak kuat.

Identitas yang semakin aman mendorong penerapannya dalam berbagai aktivitas, jasa, dan bisnis. Berbagai sektor sudah mulai mengadopsi identitas mobile, seperti sektor pemerintahan, perbankan, kepolisian, dan sebagainya. Beberapa keuntungan dalam penggunaan identitas mobile di antaranya:

MENGUBAH PENGALAMAN PENGGUNA

Identitas mobile mengubah ponsel pintar menjadi kartu ID, kunci, dan alat untuk masuk ke komputer yang menghubungkan pengguna dengan lebih banyak aplikasi, kapan saja dan di mana saja. Pengguna jadi memiliki akses yang aman dan nyaman ke tempat-tempat fisik maupun digital, dan menghubungkan banyak ‘benda’ yang dapat diidentifikasi secara akurat, diverifikasi, dan dilacak secara digital, serta membuat interaksi di dunia fisik dan digital menjadi lebih personal, kontekstual, dan bernilai

MENAMBAH KEPERCAYAAN PADA CLOUD

Identitas mobile yang memanfaatkan solusi Cloud digunakan untuk pengelolaan akses IT dan memperluasnya ke aplikasi IoT lainnya. Penggabungan teknologi dan platform berbasis Cloud yang saling terhubung ini meningkatkan kecepatan bisnis, manajemen biaya, dan manajemen perdagangan digital. Dengan begitu ponsel pintar dapat digunakan untuk mengakses gedung dan aplikasi perusahaan untuk membuktikan mereka ada di sana dan menyelesaikan tugas.

MENCIPTAKAN INTERNET OF TRUSTED THINGS

Identitas mobile membantu mengamankan, mengkustomisasi, dan meningkatkan pengalaman pengguna di seluruh industri yang merangkul kekuatan IoT dengan mengombinasikan orang dengan ‘benda’ tepercaya ke dalam ekosistem IoT. Identitas mobile menyederhanakan dan mengotomatisasi operasional gedung. Menggunakan identitas mobile dalam lingkungan yang pintar menjanjikan penyederhanaan sistem bagi organisasi, tim, dan individu.

MEMBUAT ORGANISASI MENJADI LEBIH FLEKSIBEL DAN EFEKTIF

Identitas mobile memungkinkan organisasi meningkatkan kredensial dan mekanisme autentikasi agar lebih fleksibel dan efektif. Identitas mobile yang berintegrasi dengan layanan lokasi real-time dan yang berdasarkan jarak membantu organisasi mengoptimalkan manajemen fasilitas dan operasional secara efisien dengan menganalisis pola aktivitas pekerja.

MEMETAKAN POLA TRANSPORTASI MASYARAKAT

Penggunaan identitas mobile yang disertai pengaktifan fitur layanan lokasi dapat membantu pemerintah dalam memetakan pola transportasi masyarakat. Di samping fungsi akses yang dapat digunakan untuk auntentifikasi pengguna layanan transportasi massal, penggunaan identitas mobile akan sangat membantu pemerintah dan para pelaku bisnis transportasi dalam mengatur/mengubah rute serta penambahan/pengurangan armada sehingga transportasi massal menjadi lebih efisien

MENINGKATKAN FUNGSI AUTENTIFIKASI PADA PERBANKAN

Identitas mobile memungkinkan bank mengenali pelanggannya dengan tepat dan menawarkan kenyamanan lebih serta meningkatkan rasa saling percaya. Di saat bersamaan, identitas mobile juga menyederhanakan pemenuhan aturan bank dalam cara-cara yang kontekstual dan berkelanjutan dengan mengombinasikan banyak tipe biometrik dengan autentikasi mutual, sertifikat mobile, dan teknologi lainnya sehingga pengguna hanya perlu “hadir” di telepon saja.

Tren identitas mobile yang terus berkembang di masyarakat sepertinya tidak dapat dibendung lagi. Hal-hal yang disebutkan di atas hanyalah sebagian tren identitas mobile yang akan terjadi di masa yang akan datang. Penerapannya akan semakin luas ketika identitas mobile semakin tersebar di masyarakat. Siap atau tidak, tren ini akan segera menjadi bagian dari keseharian kita.

Vol.6 Edisi Juni - Juli 2017

Hal 28 - 30

Baca Juga

© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.