Indo Security System
Gebyar Kecanggihan Teknologi Keamanan di CPSE 2019

Pameran bisnis dan dagang bertema sistem keamanan terbesar di China, CPSE 2019 (17th China Public Security Expo), resmi dibuka untuk kalangan umum mulai Senin, 28 Oktober 2019 hingga Kamis, 31 Oktober 2019. Pada tahun ini, pameran yang berlokasi di Shenzhen Convention & Exhibition Center, China, memiliki tema “Great Security Big Data Industry”. Oleh karenanya, acara ini memamerkan berbagai teknologi dan inovasi terkini di bidang keamanan pada saat era big data, cloud computing, Internet of Things dan artificial intelligence (AI) yang sedang tren belakangan ini.

Lebih dari 1.100 produsen dari lebih 53 negara mengikuti CPSE 2019 dan membawa produk dan solusi keamanan terbaik mereka. Yu Jincai, Direktur CPSE Anbo Association Organizing Committee , mengatakan bahwa kerja sama yang kerap dilakukan antar perusahaan di industri sistem keamanan sering kali menciptakan kesempatan baru dan berdampak pada arah industri sistem keamanan yang lebih cerdas.

“Pameran CPSE tahun ini terdiri dari 9 hall (ruangan besar) dengan luas total mencapai 115.000 meter persegi dan diisi oleh jumlah stan yang mencapai 6.000 buah. Selain itu, CPSE 2019 kami prediksi dihadiri oleh 130.000 profesional dari lebih 150 negara. Data-data ini menjadikan CPSE 2019 sebagai pameran terbesar di industri sistem keamanan global selama 11 tahun berturut-turut,” kata Yu Jincai.

                                               

Ragam solusi dan inovasi yang dipamerkan dalam CPSE 2019 juga terbilang sangat lengkap. Berbagai produk dan solusi yang tersaji di lantai pameran terdiri dari berbagai cakupan seperti:

Kota Pintar:

Solusi transportasi pintar, Solusi medis, Solusi masyarakat pintar, Solusi gedung pintar, Solusi pendidikan, Solusi keuangan, Cloud computing/Big data Internet of Things (IoT).

Sistem Keamanan: Video surveilans/CCTV, Solusi alarm pencegah pencuri, Interkom gedung/rumah pintar, Akses kontrol/solusi kartu tunggal, Solusi public address, Komponen sistem keamanan lainnya.

Perangkat Penegakkan Hukum: Sistem penegakkan hokum, Peralatan proteksi dan pertahanan, Teknologi sistem investigasi, Teknologi sistem keamanan dan EOD Sistem peringatan dini, Peralatan anti terorisme.

Kedaruratan: Peralatan pengujian, Peralatan pertolongan pertama, Peralatan bantuan medis, Peralatan proteksi petugas medis, Peralatan petugas kebakaran.

Pengenalan Biometrik: Sistem identifikasi sidik jari, Sistem pengenalan suara, Sistem pengenalan wajah, Sistem pengenalan pembuluh darah, Sistem pengenalan selaput mata, Sistem pendeteksi cerdas, Sistem pelacakan cerdas, Sistem pengenalan cerdas lainnya.

Robot/Drone: Drone AI Robot

Apa yang dipamerkan dalam CPSE 2019

Pada hari pertama pameran CPSE 2019 mulai dibuka, pengunjung yang sudah bersiap sejak pagi waktu setempat sudah langsung memadati area pintu masuk Shenzhen Convention & Exhibition Center. Bahkan antrean manusia di depan pintu masuk tersebut sudah terlihat cukup memanjang. Beberapa warga Indonesia yang datang langsung menyaksikan pameran CPSE 2019 bahkan mengaku bisa menghabiskan waktu hingga hampir satu jam sejak dari antre melakukan registrasi hingga masuk ke area pameran. Saking luasnya area pameran dan banyaknya produsen yang membuka stan, untuk menyusurinya tidak cukup dilakukan dalam satu hari, melainkan harus tiga hari penuh.

                                               

Ruang gerak pengunjung di dalam area pameran agak terbatas karena saking ramainya. Antusiasme para pengunjung dengan peserta pameran terlihat sama besar. Terbukti banyak tenaga pemasar dari perusahaan-perusahaan teknologi keamanan ini yang agresif dalam mendekati calon konsumen, terutama kepada pengunjung berwajah kaukasoid, Timur Tengah atau Asia Tenggara. Sayangnya, para tenaga pemasar yang sebagian besar merupakan warga setempat kurang pandai berbahasa Inggris sehingga kerap kali terjadi kesalahpahaman penjelasan produk atau solusi yang sedang dipamerkan.

Penelusuran area pameran pun dimulai dari hall 1 yang merupakan area terbesar di ajang CPSE 2019. Di area ini, terdapat beberapa produsen besar dunia di bidang sistem keamanan, seperti contohnya Hikvision, Dahua, UNV, ZKTeco, Seagate, WD, Toshiba, TVT, Tiandy, Hisilicon, ZTE, Huawei dan masih banyak lagi. Hall 1 kami nilai sebagai area primadona pameran karena diisi oleh banyak merek bergengsi di industri ini.

Sebagai gambaran saking ramainya, jika pengunjung ingin memasuki stan-stan perusahaan raksasa seperti Hikvision atau Dahua, mereka harus rela saling berdesakan satu sama lain. Antusiasme para pengunjung ini memang dipicu oleh produsen besar yang menampilkan solusi terbaru mereka dari berbagai segmen yang dimiliki. Contohnya saja solusi CCTV, penyimpanan data (harddisk) internal dan eksternal, sistem kecerdasan buatan, perangkat lunak pendukung serta solusi integrasi antar perangkat.

Kemudian berlanjut ke hall 2 yang tidak kalah fenomenal dengan hall 1. Area ini didesain untuk memamerkan beragam produk dan solusi keamanan khusus smart home dari puluhan produsen lokal China. Dari hall 2 ini pula, kesan bahwa produk-produk elektronik buatan negeri Tirai Bambu berdesain murahan akan sirna dalam sekejap mata. Pasalnya, hampir semua produk-produk Smart Home yang dipamerkan di hall 2 ini sudah terlihat menarik dengan desain cukup futuristik. Beberapa ornamen berwarna silver metalik kerap kali terlihat pada beberapa produk untuk menguatkan kesan modern.

Tak hanya memiliki bentuk fisik kekinian, produkproduk Smart Home ini juga sudah disematkan dengan fitur-fitur terbaru yang mendukung penggunaan teknologi cloud maupun IoT, sehingga dapat terintegrasi dengan perangkat lain yang berujung pada kemudahan penggunanya. Pengunjung CPSE 2019 yang datang ke hall 2 ini benar-benar dibuat kagum atas inovasi yang dilakukan produsen China. Berlanjut ke hall 3, 4 dan 5 yang juga cukup menarik. Di ketiga area ini, pengunjung mendapatkan berbagai informasi dari puluhan produsen besar yang bermain di produk dan solusi akses kontrol, sistem parkir, palang parkir, sistem pedestrian, dan berbagai aksesori pendukung perangkatnya.

Sementara untuk hall 6,7 dan 8, berisi pameran produk yang lebih beragam dari beberapa produsen lokal dan luar negeri namun dengan skala yang lebih kecil. Di hall ini, pengunjung disuguhi pameran produk-produk kabel, server, KVM, alarm, x-ray dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk hall 9, berisi produk-produk pendukung seperti drone, robot, sistem jaringan serta sistem keamanan Smart Home.

                                              

Gemerlap pameran dagang dan bisnis khusus industri sistem keamanan terbesar ini tak luput dari perhatian warga Indonesia. Mereka kebanyakan berasal dari latar belakang pebisnis yang ingin mencari hal baru atau menambah pengetahuan tentang tren industri keamanan global saat ini. Selain datang secara individu atau kelompok kecil, warga Indonesia lain yang menghadiri CPSE 2019 juga diwakili oleh beberapa anggota Asosiasi Industri Sistem Keamanan Indonesia (AISKINDO) yang berjumlah hampir 30 orang. Mereka semua merasa antusias dan kagum atas berbagai solusi dan produk sistem keamanan yang dipamerkan pada ajang CPSE 2019.

Hikvision pamer platform AI Cloud

Vendor terkemuka di dunia untuk berbagai produk dan solusi keamanan inovatif berbentuk video, Hangzhou Hikvision Digital Technology Co.,Ltd., memamerkan berbagai teknologi, produk, serta solusi terbarunya dalam ajang CPSE 2019. Stan Hikvision di CPSE 2019 bertema “Fusing Data for a Smarter World”, memamerkan platform AI Cloud yang mengintegrasikan perangkat IoT beserta data jaringan informasi. Menurut perusahaan raksasa ini, platform tersebut dirancang untuk mendukung berbagai aplikasi dan layanan mutakhir yang baru. Keikutsertaan Hikvision ini juga menandai hari jadi kedua AI Cloud andalan mereka.

AI Cloud Hikvision berbasis pada arsitektur terdistribusi yang menggabungkan kerja cloud computing dan edge computing. Platform tersebut memperluas algoritme kecerdasan buatan (AI) dari cloud menuju ke edge domain dari pada alat perekam video dan server (on premise), lalu mengarah kamera keamanan dan perangkat IoT lain (at the edge). Pola arsitektur tiga lapis ini mampu mendukung aplikasi berkekuatan AI ke tingkatan selanjutnya yang lebih cerdas dan cepat.

Pada stan Hikvision di CPSE 2019, para pengunjung disuguhi penerapan aplikasi sesungguhnya dari platform AI Cloud. Aplikasi ini diciptakan untuk membantu para pengguna untuk meraih transformasi digital pada segmen-segmen seperti keselamatan publik, transportasi, ritel, keuangan, logistik, masyarakat, pelestarian lingkungan, dan sebagainya.

Dengan teknologi video analisis berbasis AI, Sistem Transportasi Pintar ciptaan Hikvision mampu mendeteksi pelanggaran lalu lintas untuk menurunkan angka kematian di jalan. Data lalu lintas dapat ditampilkan pada peta kota digital dengan menyatukan informasi dari video dengan sistem dan algoritme lainnya, sehingga pemerintah kota dapat mengatur lalu lintasnya dengan lebih baik lagi.

Lalu, ada pula solusi ritel pintar Hikvision yang mampu mengatasi berbagai tantangan di bisnis ritel dengan menyediakan teknologi mutakhir seperti video analisis, big data, cloud computing, serta AI. Teknologi-teknologi ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peritel offline seperti pusat perbelanjaan, swalayan atau gerai biasa. Sejumlah solusinya antara lain penghitungan jumlah pengunjung, analisis barang-barang yang digemari pelanggan, pemantauan gerai dari jarak jauh, pengawasan kasir, manajemen rak belanja (shelf management), distribusi barang otomatis tanpa awak, dan masih banyak lagi.

                      

Di stan Hikvision, pengunjung juga dapat merasakan lebih dekat dengan produk-produk yang mendukung berbagai aplikasi di atas. Contohnya ada kamera video yang terintegrasi dengan radar, yakni perpaduan antara radar berakurasi tinggi dengan kamera cerdas deep learning sehingga mampu melakukan pelacakan jarak jauh dalam kondisi apapun. Lalu ada lagi kamera dengan multi lensa, yang merupakan sebuah perangkat terkombinasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna untuk satu skenario. Sebagai tambahan, dipamerkan pula kamera berbasis AI Hikvision lainnya seperti Turbo HD 5.0, Easy IP 4.0 Series dengan teknologi AcuSense dan ColorVu dan kamera deep learning DeepinView.

Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan platform AI lain di stan Hikvision seperti aplikasi pergudangan dan proses pengiriman barang. Melalui antarmuka pengguna AI Cloud yang tersedia, pengunjung dapat memilih model algoritme berbeda dari sebuah gudang, memasukkannya ke kamera AI dan langsung melakukan analisis dan pelacakan berbagai objek yang ada seperti makanan, pemadam kebakaran dan barang lainnya.

Pada intinya, AI Cloud besutan Hikvision dikembangkan untuk memberi solusi pada berbagai tantangan yang dihadapi pasar saat ini sekaligus memberi nilai lebih pada penggunanya. Rancangan teknologi ini didesain untuk memungkinkan terjadinya kolaborasi di antara para mitra lain dari lintas bidang seperti pembuat edge computing, aplikasi industri, platform layanan publik dan masih banyak lagi.

Dahua pamer solusi Smart City

Penyedia layanan dan solusi video keamanan terkemuka global, Zhejiang Dahua Technology Co., Ltd., mengikuti ajang CPSE 2019 dengan tema “Dahua Heart of City (HOC)-The Intelligent Twins Evolution”. Beragam solusi yang ditampilkan masih berdasar pada struktur Smart City, di antaranya adalah Safe City, Smart Traffic, Smart Retail, Smart Firefighting dan sebagainya. Selain itu ada produk-produk andalan Dahua yang dipamerkan di stan pameran meliputi HD Panorama, AI, 5G dan produk cerdas lainnya.

Teknologi informasi yang terus berkelanjutan, membuat proses transformasi digital menjadi kecerdasan buatan menjadi makin mulus. Setiap sudut pada stan pameran Dahua di CPSE 2019 pun memamerkan aplikasi dengan inovasi baru untuk berbagai keperluan seperti operasional perkotaan, manajemen perusahaan dan solusi praktis sehari-hari lainnya.

Solusi HOC Safe City Dahua sudah dirancang dapat mendukung IoT, big data, cloud, AI dan teknologi lainnya. Hasilnya, HOC Safe City menjadi sebuah platform canggih yang sudah terbukti dapat diaplikasikan untuk keamanan publik di kota-kota besar di China seperti Hangzhou, Ningbo, dan Guizhou.

Lalu solusi HOC Smart Traffic Dahua memanfaatkan konstruksi dari pusat sensor yang tersebar di perkotaan untuk meraih berbagai data, sehingga hasilnya menjadi sebuah manajemen lalu lintas yang akurat, efisien dan pintar. Dengan implementasi berkelanjutan dari solusi ini, beberapa instansi kepolisian seperti Zhejiang Province Highway Traffic Police, Liuzhou City Traffic Police dapat merasakan manfaat positifnya.

 Kemudian, ada solusi HOC Smart Retail Dahua yang menawarkan pengumpulan data secara daring, sekaligus melakukan analisis terhadap orang, barang dan area gerai, dengan memanfaatkan sensor-sensor tetap. Ditambah dengan teknologi cloud, pengguna dari kalangan pengusaha ritel dapat merasakan penurunan biaya operasional dan peningkatan efisiensi dengan solusi ini.

                       

Solusi HOC Smart Firefighting Dahua memberi kontrol mendalam dalam usaha pencegahan dan pemadaman kebakaran atau penyelamatan. Peran manusia dalam usahausaha tersebut dapat tergantikan dengan bantuan dari Dahua Intelligent Firefighting Robot, Intelligent Unmanned Firefighting Helicopter dan perangkat lainnya. Performanya pun sudah teruji saat menghadapi peristiwa sesungguhnya yang sudah terjadi di Hangzhou, Chongqing dan lain-lain.

Berbicara soal inovasi produk, kamera pemantau yang baru-baru ini diluncurkan yaitu Dahua Hubble menjadi salah satu yang menjadi perbincangan di stan Dahua. Kamera ini memiliki resolusi 64 MP Ultra HD panorama dan diberi fitur analisis gabungan yakni AI dan AR agar tercipta hasil video kelas wahid. Bahkan kamera ini mendapat hasil positif karena berhasil meraih penghargaan Golden Cauldron Award, satu-satunya ajang penghargaan untuk produk dalam industri keamanan yang digelar oleh penyelenggara CPSE 2019.

Ada pula produk-produk unggulan Dahua lainnya yang tak kalah menarik perhatian pengunjung. Sebut saja Dahua PolarLight, Dahua Tianque, Dahua Hunter PTZ, Dahua Tianxing, Dahua Thermal, akses kontrol dengan pengenalan wajah dan masih banyak lagi produk inovatif lainnya.

Vol. 21 Edisi Desember 2019 - Januari 2020

Baca Juga

© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.