Indo Security System
Going Full Digital

Mengapa Memilih Media Cetak?

Pertanyaan seperti ini sudah berulang kali disampaikan kepada kami saat akan memulai Indo Security System pada pertengahan tahun 2016. Padahal di tahun tersebut, sudah banyak media cetak yang berguguran. Ada yang sudah berhenti sama sekali, ataupun ada yang berubah menjadi media digital. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan pelaku sistem keamanan di Indonesia. Mengapa Indo Security System masih masuk ke dalam ranah media cetak di saat media lain sudah banyak yang keluar dari ranah tersebut?

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan sekali lagi alasan mengapa kami tetap masuk ke dalam ranah media cetak pada masa awal majalah Indo Security System diluncurkan. Jika ditarik dari awal, sebenarnya, sejak awal majalah Indo Security System sudah berkonsep multi platform, baik itu cetak maupun digital. Secara digital pun kami sudah memiliki website IndoSecuritySystem.com dan berbagai akun media sosial pendukungnya seperti Facebook Page, Instagram, Twitter dan kanal Youtube.

                                   

Alasan khusus lain Indo Security System memulai dengan edisi cetak adalah karena pada awalnya kami merasa bahwa kami perlu memiliki keberadaan secara fisik agar lebih mudah diterima di kalangan pemain sistem keamanan di Indonesia. Tanpa adanya keberadaan secara fisik, maka Indo Security System akan dianggap sama seperti blog-blog lainnya di dunia maya. Di samping itu, dengan memulai dalam bentuk media cetak, maka Indo Security System menjadi majalah cetak pertama dan satusatunya di Indonesia yang khusus membahas mengenai industri sistem keamanan.

Majalah cetak Indo Security System langsung menyedot perhatian banyak pemain sistem keamanan di saat acara peluncurannya. Pasalnya majalah ini menampilkan foto cover depan dari salah satu pemain sistem keamanan yang sudah bertahun-tahun berkecimpung. Tidak sedikit juga yang memuji kualitas majalah Indo Security System. Mereka dibuat kagum, bagaimana sebuah majalah tidak berbayar alias gratis tetapi memiliki tampilan yang cukup premium. Bahkan di masa-masa awal terbitan kami menemukan ada beberapa toko majalah yang menjual majalah Indo Security System dengan harga yang cukup mahal.

Apresiasi positif yang didapat dari para pelaku industri sistem keamanan pada edisi perdana tak cukup sampai di situ. Banyak pembaca dari berbagai daerah di Indonesia yang mengunggah foto majalah kami di beranda media sosial mereka saat majalah berhasil mereka dapatkan. Hubungan serta kedekatan dengan para pembaca, kami rasakan lebih mudah untuk dibangun dengan hadirnya versi cetak. Kami pun pernah mengadakan suatu kontes berhadiah bagi mereka yang mengunggah foto paling kreatif yang memperlihatkan pose mereka bersama majalah Indo Security System. Ternyata antusiasme pembaca dirasa sangat tinggi waktu itu. Hasil foto yang diunggah pun juga terlihat sangat kreatif, bahkan tak sedikit yang terkesan lucu dan menghibur. Hal-hal seperti inilah yang tidak dapat dilakukan tanpa adanya majalah versi cetak.

                                   

Karena alasan-alasan tersebut, kami merasa bahwa keputusan untuk hadir dalam majalah cetak pada awal peluncuran majalah Indo Security System adalah suatu keputusan yang tepat, sekaligus menjadi pembeda dengan media-media online lainnya. Peluncuran dalam bentuk media cetak ini juga sangat membantu kami untuk diterima dan dikenal oleh mayoritas para pemain sistem keamanan di Indonesia.

Mengapa Berhenti Sebagai Media Cetak?

Keputusan untuk menghentikan penerbitan majalah Indo Security System dalam versi media cetak bukanlah hal yang dilakukan secara tiba-tiba. Sejak awal berdirinya, majalah Indo Security System sudah membuat semacam roadmap untuk ke depannya. Salah satu bagian dari roadmap tersebut adalah majalah dalam edisi cetak akan diakhiri penerbitannya pada tahun ke-3, apabila brand Indo Security System sudah berhasil dikenal oleh mayoritas pemain sistem keamanan di Indonesia. Sesuai dengan roadmap tersebut, kami merasa bahwa pada edisi kali ini adalah merupakan waktu yang paling tepat untuk mengakhiri versi ceta

Di samping itu, kondisi masyarakat saat ini juga terlihat sudah sangat amat nyaman dan siap dengan teknologi digital. Brand awareness dari Indo Security System juga kami rasakan sudah cukup tinggi di kalangan para pelaku industri sistem keamanan di Indonesia. Hal-hal inilah yang membuat kami yakin dan percaya diri bahwa ini adalah saat yang tepat bagi kami untuk mengakhiri edisi cetak dan beralih seratus persen ke dalam teknologi digital yang sudah kami persiapkan sebelumnya.

Pencapaian Selama 3 Tahun Ini:

  1. Telah terbit 21 edisi; Hingga edisi terakhir yang terbit di bulan Desember 2019 ini, maka Majalah Indo Security System telah terbit secara total 21 edisi.
  2. Telah menjadi media partner di lebih dari 50 acara dan pameran, baik dalam maupun luar negeri, dari sekitar 30 perusahaan penyelenggara pameran (event organizer).
  3. Bermitra dengan berbagai asosiasi yang terkait dengan industri sistem keamanan, serta ikut terlibat dalam pemberitaan serta peliputan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh asosiasiasosiasi tersebut.
  4. Dalam penyebaran majalah, selain kami kirimkan langsung kepada subscriber, kami juga bekerja sama dengan banyak Pick Up Point yang kami sebut sebagai Partner PIPO. PIPO tersebut tersebar dari Sabang sampai Merauke di hampir seluruh provinsi di Indonesia.
  5. Telah dipercaya oleh lebih dari 50 brand sistem keamanan untuk menjadi mitra dalam pemasangan iklan, baik secara cetak maupun digital. Beberapa brand bahkan telah mempercayakan pariwara mereka kepada Indo Security System sejak edisi pertama hingga edisi terakhir ini. Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih banyak atas kepercayaan mereka terhadap kami selama ini.

Berubah Menjadi Full Digital

Seperti telah disebutkan di atas, dengan berhentinya penerbitan majalah Indo Security System dalam format cetak, maka mulai awal tahun 2020 majalah Indo Security System akan hadir dalam format Full Digital. Sebagaimana diketahui, format cetak ataupun digital tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan berpindah menjadi digital, kami akan menggunakan seluruh kelebihan dari format ini guna lebih membantu seluruh pemain sistem keamanan dalam memperoleh informasi terkini. Beberapa hal yang merupakan kelebihan dari format digital yang tidak dimiliki oleh format cetak adalah:

- Video

Dalam majalah versi cetak tidak dimungkinkan hadirnya video. Dengan kehadiran video maka berita yang ditampilkan akan lebih menarik, dibandingkan hanya menampilkan gambar statis saja. Di samping itu, dengan video maka akan dapat menampilkan tutorial sehingga lebih mudah dimengerti oleh audiensi.

- Interaksi

Majalah versi cetak hampir tidak mungkin dihadirkannya bentuk berinteraksi secara langsung. Dengan format digital maka interaksi dapat dilakukan dengan mudah. Para pembaca dapat memberi komentar untuk setiap konten yang sudah tersaji. Selain itu, tanya jawab terhadap suatu tutorial yang sudah diunggah juga akan menjadi lebih mudah.

- Kolaborasi

Walaupun saat ini sudah dilakukan kolaborasi dalam majalah cetak seperti dalam artikel Sudut Pandang, di mana kami kerap berkolaborasi dengan salah satu narasumber yang berkompeten di bidangnya, kolaborasi secara digital ini dapat dilakukan pada tingkat lebih lanjut. Narasumber dapat dengan mudah secara langsung mengunggah hasil pemikiran mereka, baik dalam bentuk tulisan, gambar ataupun video. Selain itu para narasumber juga dapat berinteraksi langsung dengan para pembacanya.

- Real Time

Saat majalah Indo Security System versi cetak yang terbit setiap dua bulanan, sering kali ada berita ataupun acara yang diselenggarakan tidak lama setelah majalah terbit. Karena keterbatasan tenggat waktu, maka berita ataupun acara tersebut baru dapat kami masukan ke dalam majalah cetak di edisi berikutnya, yaitu dua bulan berikutnya. Hal ini kerap memunculkan kesan berita tersebut menjadi ‘basi’ karena keterlambatan dalam waktu pemberitaannya. Namun masalah tersebut akan bisa dihindari dengan format Digital karena setiap berita ataupun acara akan dapat tersaji dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini juga sangat membantu kami dalam menyajikan berita ter-up to date kepada para pelaku industri sistem keamanan.

Di samping keempat hal yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang dapat dilakukan secara digital dibandingkan dengan media cetak. Ketika majalah Indo Security System masih berjalan dalam format cetak dan digital, banyak hal yang harus dipertimbangkan agar semua format baik cetak ataupun digital memiliki pengalaman membaca yang sama. Pertimbangan-pertimbangan ini tidak jarang membuat kelebihan salah satu format tidak dapat ditonjolkan secara maksimal. Jadi dengan memilih untuk Full Digital, membuat kami yakin bahwa kami dapat memberikan fitur-fitur yang lebih baik lagi kepada seluruh pemain sistem keamanan di Indonesia.

                               

Perubahan Konsep

Perubahan Indo Security System menjadi Full Digital juga disertai dengan adanya perubahan konsep. Beberapa konsep mendasar yang berubah antara lain:

- Bertransformasi menjadi platform

Di samping berubah format menjadi Full Digital, Indo Security System juga akan bertransformasi dari sebuah media menjadi sebuah platform. Ketika sebelumnya kami hanya fokus sebagai media, maka fokus utama kami adalah penyajian berita dan informasi. Namun dengan bertransformasi sebagai sebuah platform, akan lebih banyak hal lain yang bisa kami berikan. Selama tiga tahun lebih Indo Security System sudah hadir di tengah para pelaku industri sistem keamanan di Indonesia, tidak saja untuk memberikan beragam informasi, namun juga untuk mendengarkan berbagai masukan mengenai kebutuhankebutuhan mereka. Masukan-masukan tersebut bisa dari sisi pebisnis maupun dari pengguna langsung. Kami berharap Indo Security System Digital Platform ini akan dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh pihak-pihak terkait dengan memberikan fitur-fitur yang lebih relevan. Di masa yang akan datang, Indo Security System Digital Platform akan terus berevolusi dengan fitur-fitur baru yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan industri sistem keamanan di Indonesia.

- User generated account

Pada perubahan kali ini kami juga turut mengubah konten yang kami sajikan. Apabila sebelumnya konten yang tersaji dominan berasal dari kami, maka dalam perubahan kali ini kami mencoba untuk memberikan porsi lebih kepada para pengguna untuk dapat berkontribusi atas beberapa konten yang terdapat dalam Indo Security System Digital Platform. Mulai dari mem-posting berita, event, bahkan hingga tutorial akan terbuka bagi para pengguna untuk terlibat di dalamnya.

- Konsep Freemium

Freemium yang dimaksud di sini adalah gabungan antara free dan premium. Jadi sebagian besar fitur-fitur yang terdapat dalam Indo Security System Digital Platform dapat digunakan secara free atau gratis oleh para pembaca. Namun demikian, ada beberapa fitur yang berbayar atau disebut juga fitur Premium. Fitur Premium ini tidak hanya terbatas pada konten dari Indo Security System, namun juga bisa berupa konten dari pengguna. Contohnya seperti tutorial tertentu buatan pengguna yang dibuat menjadi lebih komprehensif dibanding tutorial biasa.

Tampilan & Fitur

Perubahan yang kami lakukan tidak hanya sebatas konsep, namun dari segi tampilan dan fitur-fitur. Ada beberapa fitur yang kami ubah sehingga memiliki fungsi lebih, namun juga ada kehadiran fitur-fitur baru. Dari segi tampilan, dilakukan sebuah perombakan total agar website menjadi lebih modern dan enak dibaca. Berikut beberapa perubahan yang telah kami lakukan saat ini:

- Mengubah total tampilan website
                                      

Dengan berubah dari Media menjadi Platform maka kami juga merubah total tampilan awal dari website Indo Security System. Dari yang sebelumnya lebih menampilkan berita saja, maka pada perubahan kali ini kami mencoba menampilkan seluruh fitur secara berimbang, mulai dari News, Company, Event dan Tutorial.

- Membuat menjadi mobile friendly

Dari fitur analitik yang kami gunakan, terlihat bahwa lebih dari 50% pembaca Indo Security System secara online menggunakan perangkat mobile dengan basis Operating System Android. Hal inilah yang membuat kami merasa bahwa pembuatan website yang lebih mobile friendly merupakan suatu keharusan dan menjadi salah satu fokus kami dalam proses pembaharuan tampilan yang dilakukan saat ini.

- Mengubah layout pada fitur Company

                                

Berdasarkan analitik yang kami gunakan, fitur Company ini merupakan fitur yang paling banyak dikunjungi. Untuk itu kami mencoba memberikan lebih banyak lagi fungsifungsi dari fitur Company ini serta merubah tampilan sehingga menjadi lebih segar dan informatif. Secara detil fitur Company ini dapat menampilkan informasi perusahaan, peta lokasi, download company profile dan menampilkan produk-produk yang mereka jual.

- Mengubah tampilan Event

                                   

Pada versi sebelumnya, fitur Event termasuk salah satu yang banyak dikunjungi. Namun fitur tersebut dahulunya hanya sebatas informasi saja. Pada perubahaan terbaru ini kami mencoba untuk lebih meningkatkan lagi fasilitas dari fitur Event. Selain perubahan dari sisi tampilan, kami juga menambahkan fasilitas bagi pembaca untuk mendaftarkan event mereka. Selain itu kami akan membuat fitur Event ini dapat digunakan oleh pihak-pihak lain yang sering mengadakan acara atau pameran seperti event organizer (EO).

- Menambah fitur Tutorial

                               

Fitur Tutorial ini merupakan salah satu fitur baru yang kami hadirkan dalam perubahan terbaru ini. Berdasarkan masukan daripada para pelaku industri sistem keamanan, mereka mengharapkan adanya suatu tempat di mana mereka bisa membagi ilmu berupa tutorial seperti contohnya pemasangan suatu perangkat.

Fitur Tutorial ini merupakan suatu fitur Freemium di mana terdapat 2 jenis tutorial yakni tutorial yang gratis dan tutorial yang berbayar. Untuk tutorial dasar dan sederhana pada umumnya akan diberikan secara gratis. Sedangkan untuk tutorial yang lebih advance akan dikenakan biaya. Pasalnya untuk Tutorial advance tidak hanya terbatas pada menonton tutorial saja, namun perlu ada interaksi tanya jawab antara audiensi dengan pembuat tutorial. Dalam hal ini, pembuatan tutorial bukan hanya berasal dari Indo Security System saja, namun bisa juga merupakan tutorial yang dibuat oleh kontributor-kontributor Indo Security System.

- Mengubah fitur Job Vacancy

                                

Fitur Job Vacancy atau lowongan pekerjaan (loker) sudah tampil pada website IndoSecuritySystem. com sebelumnya. Namun secara fungsionalitas hampir sama seperti fitur Event yang hanya menampilkan informasi saja. Ke depannya, selain akan ada perubahan dari sisi tampilan, akan ditambahkan pula fitur untuk pelamar kerja agar dapat langsung mengisi lamaran secara online.

- Menambah fitur Etalase

                            

Etalase merupakan salah satu fitur baru dari Indo Security System. Walaupun belum banyak, namun beberapa Company yang terdaftar sudah mulai memasukkan beberapa produknya secara online. Dengan adanya fitur Etalase ini maka produk-produk yang dimasukkan oleh perusahaan pada fitur Company akan dapat ditampilkan dan dikelompokkan di dalam fitur ini. Hal ini juga mempermudah bagi para pembaca Indo Security System dalam mencari produk-produk yang mereka butuhkan.

- Menambah fitur e-Magazine

                                

Fitur e-Magazine merupakan fitur yang membedakan artikel bergaya online dengan artikel dengan gaya seperti versi cetak. Pada fitur News dari gaya online biasanya artikel ditulis tidak terlalu panjang dengan materi yang agak ringan. Sedangkan artikel bergaya versi cetak nantinya akan berbentuk lebih panjang dengan pembahasan yang lebih mendalam, akan tersedia di dalam fitur e-Magazine. Hal inilah yang membuat kami memisahkan fitur News dan e-Magazine.

- Newsletter

                                       

Fitur Newsletter ini sebenarnya juga sudah ada sejak awal majalah Indo Security System. Namun karena satu dan lain hal, fitur ini tidak pernah digunakan. Pada kesempatan Going Full Digital kali ini, kami akan menggunakan fitur Newsletter untuk membagikan hal-hal yang kami anggap cukup penting untuk dibagikan. Newsletter ini rencananya akan kami kirimkan secara berkala kepada para subscriber kami.

Penutup

Berhentinya kami menerbitkan Majalah Indo Security System dalam format cetak bukanlah sesuatu yang kami perlu sesali karena hal ini sudah merupakan bagian dari roadmap Indo Security System yang harus kami lalui. Kami yakin dengan konsep Full Digital yang akan kami perjuangkan ke depannya dapat membuat kami menjadi lebih berdampak dalam industri sistem keamanan di Indonesia. Pada paragraf terakhir ini kami hendak menutup dengan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah mendukung kami selama ini. Semoga dalam konsep baru ini, kami tetap mendapatkan dukungan dari seluruh pemain sistem keamanan di Indonesia. Amin.

                                

Vol. 21 Edisi Desember 2019 - Januari 2020

Baca Juga

© 2019 Indo Security System. All Rights Reserved.